Cara Menghasilkan Uang Dari Blog


Trend News - Di zaman yang modern saat ini Internet telah menjadi kebutuhan semua orang karena kegunaan internet yang dianggap lebih cepat, seperti halnya komunikasi dengan platform sosial media, transaksi uang, bermain game online, belanja online dan lain sebagainya. 

Dengan adanya internet juga, sekarang bisa mendapatkan pundi-pundi uang atau penghasilan tambahan, salah satunya yaitu mendapatkan uang dari nge-blog. Blog adalah layanan atau platform yang populer terutama bagi kalangan anak muda. Seseorang bisa menulis ide atau tulisan yang bermanfaat untuk orang banyak melalui blog.

Ide atau tulisan tersebut disesuaikan dengan minat atau pemahaman penulis seperti contohnya tutorial, menulis berita, informasi Informasi tentang kuliner tentang pendidikan, dan sebagainya. Ide atau tulisan tersebut dirangkai menjadi sebuah artikel yang nantinya diterbitkan ke blog.

Layanan blog ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, adapun untuk yang versi gratis Anda cukup mendaftar blog melalui blogger.com dan apabila Anda menginginkan yang berbayar silahkan daftar melalui wordpress.com atau melalui jasa layanan hosting.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan melalui blog diantaranya:

1. Menjadi publisher Google AdSense

Google AdSense adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog. Untuk menjadi partner Google AdSense ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu:
  • Jumlah artikel harus banyak
  • Artikel bukan hasil dari salinan atau copy paste
  • Laman navigasi blog harus lengkap
  • Tidak berisi artikel tentang sara, black campaign, pornografi, senjata, obat obatan terlarang dan lainnya
  • Menggunakan tema/tampilan blog yang ringan
2. Daftar Afiliasi 

Afiliasi adalah kegiatan mempromosikan produk dari suatu perusahaan atau individu yang mana nantinya kita akan dibayar atau mendapat komisi apabila barang yang dipromosikan di blog kita ada yang membeli dan melakukan order sampai selesai. Ada banyak jenis afiliasi yang bisa anda pilih sesuai dengan minat anda. 

3. Jualan Produk

Salah satu cara yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang dari blog adalah menjual produk sendiri. Dengan menjual produk, Anda dapat secara langsung menerima pemasukan sesuai harga yang Anda tetapkan. Adapun Anda bisa menjual berbagai produk digital seperti, foto, video, e-book, hingga dengan jasa untuk menulis artikel, penulis lepas, atau keahlian yang lain.

Namun di samping itu, Anda tentunya terlebih dahulu harus dapat menarik perhatian audience dengan memberikan konten berkualitas dan tidak membosankan. Anda perlu mendapatkan kepercayaan mereka sebelum benar-benar menawarkan produk. 

Karena akan terasa aneh jika orang yang baru pertama kali mengunjungi blog, langsung Anda tawarkan produk yang Anda jual, Oleh karena itu, semua proses kreatif pada blog harus direncanakan dengan baik. Mulai dari pembuatan konten hingga promosi barang jualan.

Nah itulah tadi informasi tentang cara mendapatkan penghasilan dari blog. Apakah Anda tertarik nge-blog?