Seluk Beluk Bansos Desa Cilebut Barat.

Tren News:
Tribun Kota, Bogor.Desa Cilebut Barat yang dipimpin oleh H. Dasuki sedang menghadapi Permasalahan tahun ini mengenai keluhan-keluhan tentang pembagian bansos (bantuan social) dari pemerintah. Kerap terjadi tidak tepat sasaran, seperti orang tak mampu tidak mendapatkan bansos, sedangkan orang memiliki kendaraan bermobil, rumah mewah mendapatkannya. Pihak desa pun sedang melakukan pengajuan untuk perubahan data dan penambahan data bansos. Bansos yang sering diberikan berupa pangan pokok seperti beras, telur dan lainnya.

Cara mengembangkan potensi masyarakat di desa Cilebut dengan membuat grup RT, RW, Desa Cilebut Barat terdiri dari 138 RT dan 22 RW dengan di masukan babinsa, babinmas, kader siaga. Sehingga ada kejadian-kejadian apapun itu bisa langsung mengetahuinya. Untuk membantu masyarakat yang kurang mampu pihak desa membuat penggalangan dana dari masyarakat dikawasan perumahan untuk membantu masyarakat yang mebutuhkan tanpa adanya paksaan.

Cara sosialisasi pemerintah desa untuk memaparkan dana desa kepada masyarakat dengan mengundang tokoh setempat seperti RT, RW dan kepala dusun untuk melaksanakan musyawarah di kantor desa mengenai pemaparan dana desa yang diberikan pemerintah dan dipergunakan untuk apa saja. “Alhamdulilah dana desa sudah dipergunakan untuk perbaikan jembatan yang menghubungkan dua desa agar dapat dilalui oleh masyarakat.” Ucap pak Kades kepada Jurnalis Tribun Kota.

Masyarakat pun sangat antusias dengan adanya bantuan sosial dan dana desa yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, karena dengan kondisi sedang pandemi ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, walaupun selalu terjadi salah sasaran. (SBI)


By:admin